Iklan

2011/03/03

Cara Hemat Membangun Rumah Tinggal

Aduh! bagaimana ini?, uang sudah terpakai 90 persen tapi rumah yang saya bangun kelihatannya masih perlu banyak dana! Anda pernah menjumpai rekan atau tetangga anda mengungkapkan keluhan seperti itu?

Membengkaknya biaya pembuatan rumah tinggal dari rencana awal yang sudah dianggarkan seperti keluhan diatas memang cukup bikin pusing karena harus menyediakan dana tambahan yang biasanya lumayan besar. Lain halnya jika anda mempunyai kemampuan finansial yang bagus tapi bagi yang tidak bisa segera menyediakan dana tambahan mengakibatkan tertundanya pelaksanaan pembuatan rumah atau kadang mau tidak mau harus menempati rumah yang belum rampung tersebut.
Bisakah membengkaknya biaya atau pemborosan dalam membangun rumah dihindari? Ada yang berpendapat bahwa hal itu adalah biasa terjadi jika kita membuat rumah tinggal pribadi. Yang namanya bikin rumah untuk di huni sendiri pasti dibuat sebagus dan senyaman mungkin, kadang di tengah pelaksanaan ada yang perlu dirubah sebagian desain rumahnya. Ya tidak bisa dihindari lagi harus rogoh kocek lebih dalam .

Pendapat yang mengatakan membengkaknya biaya atau pemborosan dalam membangun rumah tinggal pribadi adalah adalah hal yang biasa terjadi, menurut hemat saya memang “benar” . Benar dalam tanda kutip yang artinya jika sang empunya rumah tidak melakukan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam pembuatan rumah, maka pembengkakkan atau pemborosan biaya pasti akan terjadi.
Yang dimaksud dengan tahapan atau langkah pembuatan rumah tinggal yang saya sebutkan diatas secara ringkasnya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama: Perencanaan dan disain rumah
Langkah kedua: Pemilihan bahan atau material.
Langkah ketiga: proses membangun rumah.

Tiga langkah diatas memang adalah hal yang pasti sudah difahami bagi yang berkecimpung di dunia konstruksi bangunan tapi bagi masyarakat umum yang ingin menerapkan langkah atau tata cara tersebut untuk membangun rumah tinggal tidaklah sulit.

Untuk melakukan penghematan dalam membuat rumah tinggal pemahaman akan proses atau langkah-langkah membangun rumah memiliki peranan penting. Hal-hal seperti barang terbuang percuma, membongkar bagian bangunan karena disain rumah berubah dan lain sebagainya bisa dihindari. Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang langkah-langkah pembuatan rumah tinggal bisa anda baca pada artikel Proses Pembuatan Rumah Tinggal.

436JZT7VKYRJ

No comments: