Iklan

2011/05/22

Langkah-langkah Dalam Membangun Rumah Tinggal Idaman Anda

Langkah pertama dalam proses membangun rumah adalah survei lahan/lokasi dan lingkungan. Dalam survei lahan ini hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
•    Luas lahan.
•    Kondisi lahan samping kiri kanan dan belakang lahan.
•    Tinggi lahan terhadap jalan dan lahan yang bersebelahan dengan lokasi  pembangunan.
•    Arah mata angin.
•    Kondisi masyarakat lingkungan sekitar.

Kemudian dilakukanlah  proses men-desain rumah, dalam men-desain rumah anda bisa menggunakan jasa arsitektur atau bisa juga anda menjadi arsitek dadakan. Yang dimaksud arsitek dadakan yaitu anda bisa mendesain sendiri dengan mencari contoh-contoh gambar rumah tinggal. Contoh-contoh gambar rumah tinggal bisa didapatkan melalui majalah rumah atau tabloid rumah atau bisa juga anda dapatkan dengan membeli buku kumpulan gambar desain rumah tinggal di toko buku.

Hasil dari langkah pen-desain-an ini adalah gambar rencana dan gambar kerja dari rumah tinggal anda.
Gambar rencana meliputi:
•    Gambar denah.
•    Gambar tampak depan, belakang dan samping.
•    Gambar potongan memanjang dan melintang.

Dan gambar kerja adalah pendetailan dari gambar rencana. Dengan panduan gambar kerja ini maka pengerjaan pembangunan rumah tinggal anda akan dipermudah.

Dalam proses pengerjaan desain gambar rumah perlu dilakukan juga survei material yang akan digunakan. Survei harga material dan lokasi toko material yang dekat dengan lokasi bangunan perlu dilakukan untuk memperlancar kegiatan pembangunan dan penghematan biaya dalan proses pembuatan rumah nantinya.
Selanjutnya yaitu menghitung rencana anggaran biaya (RAB). Dengan RAB ini selain total biaya kita akan mengetahui jenis material yang digunakan dalam pembuatan rumah dan berapa jumlahnya (volumenya), hal ini diperlukan untuk mengoptimalkan biaya agar sesuai dengan rencana awal (menghindari pembelian material berlebihan).

Setelah melalui tahapan-tahapan  diatas maka dilakukanlah tahap pengerjaan pembangunan. Dalam tahap pembangunan ini ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu: biaya, tenaga dan waktu pelaksanaan. Biaya yang diperlukan dalam pembelian material dan alat pembantu perlu dialokasikan agar proses pengerjaan rumah tidak terganggu kontinuitasnya.  Kualitas tukang dan pekerja serta kerja sama tukang dengan owner juga diperlukan untuk menjaga proses kelancaran pembangunan sehingga sesuai dengan waktu dan kualitas bangunan yang direncanakan.

Demikianlah secara umum proses pembangunan rumah tinggal, semoga tips ini bermanfaat  dalam mewujudkan rumah tinggal impian anda.

No comments: